Posted in Ngalor Ngidul

A Silent Killer

Monosodium glutamat atau yang lebih dikenal dengan istilah MSG alias penyedap makanan memang bahan yang sepertinya wajib ditambahkan dalam makanan. Hampir semua makanan olahan pasti menggunakan penyedap, terutama makanan yang dijual. Bahkan makanan rumahan pun tak jarang menggunakan bahan penyedap juga. Padahal udah tau sendiri, kan resiko yang ditimbulkan jika mengonsumsi penyedap dalam takaran yang banyak dan dalam jangka waktu yang lama. Efek buruknya memang belum kelihatan sekarang tapi 10-20 tahun kemudian barulah hasilnya akan nampak.

Tapi, kan penyedap berguna untuk bikin rasa makanan jadi tambah enak?

Iya benar.

Trus, kalau punya efek buruk untuk kesehatan, maksudnya jangan menggunakan penyedap gitu untuk makanan?

Kalau bisa sih gitu.

Tapi nggak bisa dipungkiri, keberadaan yang namanya MSG alias penyedap makanan itu udah mewabah dimana-mana. Apalagi makanan olahan dan makanan yang dijual, jelas sekali memakai penyedap. Jadi, tanggung resiko sendiri kalau mau makan makanan tersebut. Tapi, kalau makanan rumahan yang dimasak sendiri juga menggunakan penyedap, itu kayak nyari penyakit sendiri menurutku. 

Pakai penyedap untuk masakan nggak bikin mati, kok!

Iya, emang! Nggak bakal mati, kok emang kalau pun mengonsumsinya terus-menerus. Malahan ada yang sehat-sehat aja. 

So, kenapa sewot?

Bukan sewot, sih tapi lebih tepat prihatin aja liatnya. Mengonsumsi penyedap emang nggak bikin mati, tapi tanpa mengonsumsi penyedap juga nggak bikin mati juga kan? Ingat, kesehatan itu mahal banget harganya! Just trust me! 

Ah, tapi rasa masakan mana enak kalau nggak pakai penyedap?

Kalau itu, sih hanya masalah kebiasaan aja.

—–

Beberapa waktu yang lalu, aku berkunjung ke rumah teman dekatku yang telah menikah. Aku kaget waktu dia masak menggunakan penyedap. Padahal aku tahu banget kalau dia dan keluarganya sama sekali nggak menggunakan penyedap dalam masakan. Tapi sekarang kenapa malah memakai penyedap?

“Kayak ada yang kurang gitu di lidah” ujarnya. Ternyata awalnya dia coba-coba aja memasukkan penyedap ke dalam masakan dan itupun karena saran dari tetangganya yang bilang kalau masakan jadi tambah nikmat dengan sedikit tambahan penyedap. Eh, ternyata jadi keterusan dan sekarang malah jadi kebiasaan.

See? Kebiasaan. Ini cuma masalah kebiasaan aja, kok! Membiasakan lidah merasakan masakan tanpa penyedap memang sulit pastinya, terutama jika sudah terbiasa menggunakan penyedap dalam masakan. Tapi percayalah, itu cuma awalnya saja sulit, selanjutnya lidah akan terbiasa tanpa penyedap.

Masalah penyedap makanan aja kok bikin repot, sih?! 

Prihatin aja liatnya. Masalah kebiasaan menambahkan penyedap dalam makanan itu telah menjadi sesuatu yang turun temurun. Padahal resiko jangka panjangnya bisa menimbulkan berbagai penyakit.

“Mau sehat atau mau cepat mati?” 

Itu adalah ancaman dokter yang merawatku sewaktu aku sakit parah beberapa waktu yang lalu. Penyebabnya ternyata karena penyedap makanan. Ku akui, aku memang suka makan di luar yang otomatis makanan yang aku konsumsi pasti mengandung penyedap. Kalau masak sendiri, sih memang nggak pernah pakai penyedap. Tapi saat ini masih sulit untukku makan makanan rumahan yang dimasak sendiri. Cuma ya memang diusahakan untuk meminimalisir makan di luar. Bahkan sekarang kalau makan di luar, aku selalu bilang ke penjualnya untuk tidak membubuhkan lagi penyedap makanan ke makanan yang aku pesan; seperti kalau lagi makan bakso, mie ayam, nasi goreng dan lainnya. Proses pembuatan bakso aja misalnya, udah jelas menggunakan penyedap jadi kalau penyajiannya ditambah lagi dengan penyedap, porsi penyedap makanannya udah jelas sangat tinggi.

Udah ngomong ngalor ngidul gini, intinya apa, sih?

Intinya, sih kurangilah mengonsumsi makanan yang mengandung penyedap, bahkan kalau bisa berhenti sama sekali mengonsumsinya.

“Kalau mau sehat, sih! Kalau mau sakit, sih, ya makan aja terus, tuh penyedap!” itu kata dokterku, sih!

 

*Pict source: google
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s